19 Oktober 2011

SENYUM

Tahukah Anda Berapa Jumlah Sel Dalam Tubuh Anda ?

Tahukah Anda Berapa Jumlah Sel Dalam Tubuh Anda ?
Assalamualaikum, hai sahabat-sahabat ku yang ku kasihi semua... sejak kita dilahirkan, kita telah diselubungi bermacam-macam zarah-zarah dan sel-sel... iyakah?... betullah..kalau salah tolong betulkan...huhuhu.. kita nie bukannya tahu sangat pun... hehehe..(senyum sambil tersengeh-sengeh)... malaslah nak cakap banyak-banyak, jom kita 'direct to the point' kan senang...

Tahukah Anda, berapa jumlah sel-sel yang membentuk tubuh Anda.?Tahukah juga Anda jumlah bintang-bintang dalam galaksi-galaksi di jagat raya ?Menurut Anda, kira-kira mana yang lebih banyak ? Kalau kita melihat angka-angkanya, sungguh Maha Besar lah Sang Pencipta kita, Allah SWT. 
Pertanyaannya adalah :

yang mana mengandungi jumlah yang lebih banyak, jumlah sel-sel dalam tubuh manusia atau jumlah bintang-bintang dalam satu galaksi?

Pertama kita lihat manusia. Kita mulai dari zigot: sebuah sel telur perempuan

Dari situ, kita tumbuh menjadi manusia dewasa, yang dibangun oleh 75 triliun hingga 100 triliun sel ! Lebih menariknya, sel yang membentuk rangka dan organ-organ internal, sistem saraf dan kulit, pembuluh darah, dan otak, hanya berjumlah kira-kira 4 triliun.

Lalu, kemana selebihnya ? Lihat tubuh Anda,yang menjaga Anda untuk tetap hidup dan berfungsi. Tubuh Anda terbentuk dari 1 triliun sel-sel darah putih dari jenis yang bermacam-macam. Kira-kira 2 triliun trombosit, dan 30 triliun sel-sel darah merah ! Ini beerti tiap kali Anda menderma darah, dalam satu pam (0,6 liter) Anda telah kehilangan 4.000.000.000.000 sel !

Terdapat juga kira-kira 40 triliun sel-sel bakteria yang tinggal di tubuh Anda (kebanyakan di usus besar), membantu proses pencernaan. jadi bererti semuanya ada 75 triliun sel dalam tubuh Anda.

Kebanyakan bintang-bintang adalah yang Anda kira bukan bintang. Seperti halnya sel-sel darah merah dan bakteria pencernaan di tubuh Anda yang Anda anggap bukan sel-sel ketika memikirkan tubuh manusia. Tapi, saat kita menghitung semua bintang di satu galaksi, kita mendapatkan jumlah yang sangat besar: 400 milion! Jumlah itu memang tidak seberapa dibanding 75 triliun sel-sel dalam tubuh manusia. Tapi ingat, itu hanya hitungan untuk satu galaksi biasa. Bagaimana dengan galaksi terbesar di alam semesta ?

Di pusat salah satu cluster galaksi terbesar yang pernah ditemukan, Abel 2029, terletak sebuah galaksi berukuran 6 juta tahun cahaya, atau lebih dari 60 kali diameter galaksi kita Bima Sakti (yang hanya berjarak 100.000 tahun cahaya). Lalu berapa jumlah bintang-bintangnya ? Diperkirakan lebih dari 100 triliun ! Itulah galaksi terbesar di jagat raya pernah ditemukan yang diberi nama IC 1101: (galaksi yang mengatasi sel dalam badan manusia)

4 Komen:

  1. tak dapat yang dicari

    BalasPadam
  2. thanx atas tulisannya, jazaakumullooh. smg jd kbaikan dunia akhirat n mengalir tiada henti sampai hari kebangkitan.

    BalasPadam
  3. kalau ilmumu didownload orang n dimanfaatkan maka kebaikannya mengalir slama digunakan. Jika tidak bisa di copy n tak bisa digunakan untuk kebaikan orang, smg Allooh tetap memberikan kebaikan pdmu

    BalasPadam
  4. Hebatnya thanks

    BalasPadam