8 Mei 2012

SENYUM

Doa Sebelum Makan Dan Minum

ﺍﹶﻠﻠﹼﻬﹸﻡﱠ ﺑﹶﺎﺭﹺﻙﹾ ﻠﹶﻨﹶﺎ ﻔﹺﻴﹾﻣﹶﺎ ﺭﹶﺯﹾ ﻗﹾﺘﹶﻨﹶﺎ ﻭﹶﻗﹺﻨﹶﺎ ﻋﹶﺫﹶﺍ ﺏﹶﺍﻠﻧﱢﺎﺭﹺ

ALLAHUMMA BARIKLANAA FIIMAA RA ZAQTANAA WA QINAA ‘ADZAABANNAARI.

“Ya Allah berikanlah barokah dalam apa saja yang Allah berikan kami dan lindungilah kami daripada siksa api neraka.”

Tapi

Boleh juga membaca بِسْمِ اللَّهِ berdasarkan pada hadits Umar bin Abi Salamah yang berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda kepadanya:

يَا غُلَامُ سَمِّ اللَّهَ وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ

"Wahai anakku, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang berada di dekatmu." (HR Bukhari no. 4957 dan Muslim no. 3767 dari Maktabah Syamilah)

Dan juga hadits Aisyah radliyallah 'anha, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ طَعَامًا فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنْ نَسِيَ فِي أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ فِي أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ



"Apabila seorang kalian ingin makan, hendaknya dia membaca "bismillah". Dan jika ia lupa membaca di awalnya, hendaknya ia membaca "bismillah fii awwalihi wa aakhirihi." (HR. al Tirmidzi dan Ahmad. Dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi no. 1513)

Dalam hadits yang lain dari seorang sahabat yang telah membantu Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam selama 8 tahun bercerita bahwa dia selalu mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam apabila mendekati makanan membaca ‘bismillah.’” (HR. Muslim dan Ahmad. Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Silsilah Shahihah, 1/111)

0 Komen:

Catat Ulasan